Dengan banyaknya pertanyaan dan asumsi yang saya dapat dari teman-teman tentang traveling ke luar negeri. Dengan asumsi-asumsi yang negatif itu tak jarang membuat seseorang batal melakukan perjalanan. Disini saya mau mengulas sedikit bahwa apa saja yang dipersiapkan untuk para first timer agar rencana traveling tidak sekedar wacana.

1. Mengarahkan Mindset
Yang paling penting adalah mengarahkan mindset bahwa liburan ke luar negeri bukan untuk para mereka yang punya banyak duit tapi untuk mereka yang hidupnya penuh dengan rencana dan berkomitmen untuk mewujudkan impian tersebut.
Selain itu, mindset bahwa liburan ke luar negeri bukan hanya sekedar bersenang-senang lalu pulang tetapi lebih dari itu, yaitu mendapatkan pengalaman tentang proses perjalanan, tempat yang dikunjungi, berinteraksi dengan dengan orang yang beda negara dengan kita, serta mengetahui kehidupan dan kebiasaan dari manusia bagian lain.

Paspor


2. Paspor
Paspor merupakan dokumen utama yang dibutuhkan untuk masuk ke negara lain. Berikut syarat-syarat pembuatan paspor:
     a.  KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
     b.  Kartu Keluarga (KK)
     c.  Akta kelahiran, atau buku nikah, atau ijazah, atau surat baptis.
Untuk detailnya dapat membuka web imigrasi berikut klik disini 


Ketika Open Trip ke Melaka, Kuala Lumpur


3. Searching tentang Dunia Traveling, Segera Tentukan Negara Mana dan Kapan.
Salah satu motivasi untuk mewujudkan traveling ialah membaca itinerary dan pengalaman para traveler yang terlebih dahulu nyemplung ke dunia jalan-jalan ini. Serta membuka website pembelian tiket dan mencari tahu info tiket promo, dan itu sangat berpengaruh dengan budget yang akan dikeluarkan nanti. Dan bertemanlah dengan mereka yang suka dunia traveling, sekarang banyak sekali perkumpulan traveler di social media yang membahas segala macam pengalaman selama traveling.
Jika belum berani pergi sendiri atau bersama teman-teman maka ada baiknya bergabung di open trip, karena open trip cenderung lebih murah dan peserta yang join juga dari berbagai daerah. Selain mendapatkan pengalaman mengunjungi negara/tempat lain, juga akan mendapatkan teman yang sefrequenzy di dunia traveling ini.

4. Siapkan Uang
Uang menjadi faktor yang sangat penting untuk mewujudkan impian traveling. Sebagian besar dari mereka yang punya hobby traveling punya cara masing-masing dalam mengelola keuangan. Perlu diketahui, bukan seberapa besar gajimu tapi seberapa besar niatmu. Traveling adalah motivasi terbesar bagi sebagian orang untuk berkomitmen dalam menabung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

| Designed by Colorlib