Besiktas JK Muzesi adalah nama salah satu klub sepakbola di Turki. Besiktas termasuk salah satu klub terbesar dan tertua di Turki. Klub Besiktas mempunya banyak cabang olah raga, tidak hanya sepak bola tetapi bola basket, bola voli, bola tangan, atletk, tinju, gulat, catur, senam, dayung, bridge, sepak bola pantai, renang, dan tenis meja. Yang paling dikenal dari Besiktas ialah klub sepak bolanya.

Pada april 2017, saya mempunyai kesempatan untuk mengunjungi Besiktas yang berada di Istanbul. Sebelum ke Turki saya tidak tau tentang klub sepak bola ini. Sewaktu mengelilingi Istanbul dan sedang berada di Dolmabahce Palace, saya dan teman melihat tempat ini. Lokasinya tepat berseberangan dengan Dolmabahce Palace. Karena sepak bola merupakan salah satu cabang olah raga yang saya sukai maka saya pun langsung mendatangi tempat ini.

Gedung Stadion Besiktas
Di Depan Gedung Besiktas
Tiket Masuk Museum Besiktas
Sesampainya di loket pembelian tiket kami langsung menanyakan tentang bagaimana cara masuk ke stadionnya. Ternyata saya lagi belum beruntung untuk masuk ke satidonnya dan hanya mengunjungi museumnya saja. Waktu itu stadion lagi tutup.


Setibanya di dalam Museum langsung disambut barang-barang bersejarah Besiktas berupa penghargaan atas prestasi yang telah di dapat oleh Besiktas dan tata letak penghargaan tersebut diurutkan berdasarkan tahun. Disini terdapat informasi tentang kapan penghargaan ini di dapat dan dalam turnamen apa, mulai dari yang pertama sampai yang terbaru.

Piala dan Medali Diurutkan Berdasarkan Tahun
Salah Satu Penghargaan Besiktas
Selain penghargaan, di museum ini juga terdapat atribut sepak bola lainnya yang sudah pernah digunakan pada saat perlombaan yaitu sepatu, jersey yang ada tanda tangan pemainnya, syal, bendera, dan banyak lagi barang lainnya. 

Jersey Beserta Tanda Tangan Pemain Besiktas
Sepatu yang Pernah Digunakan
Atribut Saat Menonton Pertandingan


Tidak hanya barang 4 dimensi saja yang dapat dilihat di museum ini, 3 dimensi berupa gambar dan tulisan yang berhubungan dengan sejarah Besiktas juga dapat dilihat disini. Ada theater mini yang berisi tentang sejarah Besiktas dan juga terdapat standee para pemain  Besiktas yang dapat digunakan untuk berfoto, jadi seolah-olah kita lagi berfoto dengan para pemain Besiktas :)

Kostum Pemain Sepak Bola pada Jaman Dulu

Dapat Melihat Proses Pembangunan Stadion ini

Berfoto Bersama Standee Pemain Besiktas
Gedung untuk meseum nya sendiri terdapat 2 lantai dan disini juga terdapat store yang menjual pernak-pernik Besiktas seperti jersey, topi, kaos kaki, jaket, syal, tas, sepatu dan pernak-pernik lain yang ada kaitannya dengan dunia sepak bola.

Jika penggemar sepak bola pasti suka dengan museum ini, dan bagi penggemar sejarah juga cocok untuk berkunjung kesini.




2 komentar:

  1. Wow,,, aku penggemar sekali sepakbola.
    Ini mengingatkanku kembali untuk mewujudkan impian ke negara Turki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama donk kita penggemar bola mbak heheheh
      Tapi karna kebanyakan tugas jadinya hobby bolanya surut ahahahah...

      Hapus

| Designed by Colorlib