Cappadocia
Cappadocia berada di negara Turki tepatnya di provinsi Nevsehir. Termpat ini terkenal dengan balon udara dan keunikan alamnya yang berupa erosi bebatuan vulkanik. Karena bebatuan unik tersebut menyerupain cerobong asap maka Cappadocia diberi julukan "Land of Fairy Chimney". Tidak salah tempat ini termasuk UNESCO World Heritage Site, selain tempatnya yang indah banyaknya unsur sejarah, geologi, dan budayanya yang unik sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk datang kesini. Menuju Cappadocia dapat menggunakan bus selama 12 jam dari kota Istanbul atau jika menggunakan pesawat hanya memakan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Ada 6 tempat yang saya datangi selama di Cappadocia yang terlihat seperti negeri dongeng, antara lain sebagai berikut:

1. The Best Sunset Point in Cappadocia
Sunset - Cappadocia




Saya bersama teman yang sudah lama melakukan traveling bersama

Untuk menuju Cappadocia saya memilih menggunakan pesawat dari Istanbul. Jadwal penerbangan yang diambil ialah pada siang hari yaitu pukul 13.40 waktu Istanbul. Sesampainya di bandara Kayseri saya dijemput oleh shuttle bus yang sudah dipesan bersamaan dengan penginapan, untuk review penginapan sudah saya bahas ditulisan disini. Setibanya di penginapan lalu saya dan teman lainnya mencari tempat makan dan menyewa shuttle menuju the best view point in Cappadocia. Tempatnya sangat cantik, didominasi dengan bebatuan hasil dari erosi vulkanik tersebut. Menuju tempat ini sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman karena jalanannya lumayan curam. Tempat yang dituju berada di puncak. Saat berada di atas dapat melihat pemandangan yang sangat indah dan mata lebih dimanjakan lagi dengan adanya warna jingga dari matahari terbenam. Semakin betah jika berlama-lama di tempat ini :)

Sunset - Cappadocia

2. Underground City

Tiket Masuk Underground City

Pemandangan di Permukaan Underground City

Penampakan Underground City

Dari tiket tersebut terdapat tulisan "Derinkuyu Yeraltu Sehli" yang artinya sumur dalam. Seperti cerita di film dan dongeng bahwa kota di bawah tanah itu memang ada. Kota bawah tanah ini terletak di sub provinsi Derinkuyu yang masih berada di provinsi Nevsehir. Sebenarnya kota bawah tanah banyak terdapat di Cappadocia tetapi hanya beberapa yang dapat dikunjungi, salah satunya di daerah Derinkyuu ini. Dulunya kota bawah tanah ini dibuat bertujuan untuk melindungi diri dari binatang buas dan cuaca dingin yang begitu ekstrim. Seiring berjalannya waktu, mereka memahat tempat ini sesuai dengan kebutuhan dan menjadi lebih luas, sampailah terbentuknya kota dengan terowongan yang berliku seperti labirin. Tempat ini juga dijadikan sebagai tempat berlindung dari musuh pada saat terjadi perang.

3. Lembah Ihlara

Tiket Masuk ke Lembah Ihlara

Pemandangan Beberapa Meter Setelah Masuk

Pemandangan Selama Berjalan di Lembah Ihlara

Setelah masuk ke goa-goa maka selanjutnya saya menuju ke lembah Ihlara. Lagi-lagi seperti di dunia dongeng, pemandangannya memang sangat tidak biasa. Mengitari lembah ini sebaiknya siapkan stamina karena jalanannya menurun dan melewati anak tangga dengan jarak untuk mencapai pintu keluar lumayan jauh,. Pintu masuk berada di atas dan pintu keluar berada di dataran bawah. Tetapi tempat ini memang sangat layak untuk dikunjungi karena pemandangan selama mengunjungi tempat ini memang luar biasa cantiknya. Tenaga yang dikeluarkan memang terbayar karena dapat menikmati pemandangan sebagus ini.

4. Selime Monastery

Selime Monastery

Pemandangan dari Atas Monastery

Pemandangan dari Atas Monastery

Selime monastery dulunya merupakan biara terbesar di Cappadocia. Bentuknya juga berupa bebatuan besar dan terdapat beberapa ruang di dalamnya, seperti gereja, sekolah, dan tempat tinggal. Untuk menaiki tempat ini jalannya cukup curam, sebaiknya menggunakan sepatu untuk hiking atau sport shoes. Pemandangan saat berada di atas sangat bagus dan cocok untuk bersantai. Tempat ini termasuk salah satu spot terbaik untuk mengabadikan keindahan Cappadocia karena dari atas dapat terlihat bebatuan runcing yang merupakan ciri khas Cappadocia dan lanskapnya yang sangat unik, benar-benar seperti berada dunia dongeng.

5. Kawah Narli Gol

Kawah Narli Gol

Saya dan rombongan sempat mampir ke danau ini sebentar, kabarnya kawah ini berbentuk hati, dan saya tidak terlalu memperhatikan bentuk dari kawah ini, yang jelas kawah ini sepi dan pemandangannya tetap tidak kalah dari tempat-tempat yang lain yaitu indah dan tetap fotogenik.

6. Panoramic View Point


Salah Satu Tempat Paling Instagenik di Cappadocia

Terdapat Teropong agar dapat Melihat Lebih Jelas


Pemandangan Aga Dayinin Yeri
Ini adalah tempat terakhir saya kunjungi setelah berkeliling ke tempat-tempat sebelumnya. Ini asli bagus sekali dan benar-benar unik. Jenis apapun kamera yang digunakan hasilnya tetap bagus.

Untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut saya menggunakan paket green tour, kecuali saat mengunjungi the best sunset point di Cappadocia. Untuk info harga green tour sudah saya tuliskan bersamaan review penginapan. Dari tempat-tempat yang awalnya belum tahu dan menjadi tahu harga segitu masih worth it sih, serta masih terjamah oleh kantong :).


Untuk menikmati pemandangan Goreme dapat menggunakan balon udara. Dari atas balon udara terlihat batu-batuan yang unik. Cerita tentang naik balon udara sudah saya tulis disini


Cappadocia benar-benar bak di dunia dongeng dan sangat cantik. Tidak heran tempat ini  selalu menjadi salah satu yang sering masuk recommended list lonely planet. Sekian ulasan saya tentang Cappadocia, semoga bermanfaat dan menambah wawasan di dunia traveling. Kalau kata Ridwan Kamil "Bandung diciptakan disaat Tuhan sedang tersenyum", kalau kata saya "Cappadocia diciptakan disaat Tuhan sedang jatuh cinta" hehehe kidding :).




4 komentar:

  1. Itu yang Underground City kalo masuk pasti gw kliyengan plus panik sendiri kayak yg waktu di Chuci Tunnel. Punya masalah sama ruang sempit plus gelap kayaknya gw. =(

    Itu teropongnya bisa ngeliat hilal gak? Hilal jodoh...eh ibukotanya Minahasa Utara apa, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bal, pas masuk ke underground city itu gw inget sama chuci tunnel tapi ini gk sepengap di chuci sih... ahahahaha bisa bal klw jodoh lw orang cappadocia :D...jangan tanya gw ibukota dah, nilai geografi gw jelek wkwkwkwk

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasih kakak Adit sudah membaca :)

      Hapus

| Designed by Colorlib