Musim semi itu terkenal dengan bulan penuh warna karena banyaknya bunga yang bermekaran, salah satunya ialah bunga tulip. Waktu masih kecil saya suka sekali dengan group vocal Trio Kwek Kwek, salah satu lirik lagunya yaitu "...Belanda negeri kincir..keju penghasilannya..tulip nama bunganya..dan nama bendungannya...", karena lagu itu saya tau bahwa bunga tulip berasal dari Belanda. Sebenarnya bunga tulip itu asalnya bukan dari Belanda tetapi dari Turki, kata "tulip" itu sendiri juga berasal dari bahasa Turki yang artinya turban. Jika dilihat dari bentuk bunga ini mirip dengan turban atau penutup kepala yang sering digunakan oleh lelaki Timur Tengah terutama negara Turki.

Walaupun Belanda mengklaim dirinya sebagai pemilik bunga tulip terbaik tetapi untuk festival tulip ini dapat dilihat di negara Turki yaitu Istanbul Tulip Festival, bahkan lebih meriah dibandingkan di Belanda. Festival ini dapat dinikmati di sepanjang bulan April sampai awal Mei. Di musim inilah wisatawan banyak berkunjung ke Turki. Untuk menikmati keindahan bunga tulip ini dapat dilihat banyak tempat di Istanbul. Berikut ada beberapa tempat untuk memburu tulip, antara lain:


1. Hagia Sophia dan Blue Mosque

Blue Mosque
 
Hagia Sophia
Hagia Sophia dan Blue Mosque merupakan tempat yang paling terkenal di Istanbul, kedua bangunan ini letaknya hanya berseberangan. Tempat ini disebut dengan daerah Sultan Ahmed yang merupakan daerah touristy di Istanbul . Di pelataran Sultan Ahmed ini sangat cocok untuk bersantai. Selain melihat bangunan museum Hagia Sophia dan Blue Mosque, pengunjung juga dapat melihat bunga tulip yang berwarna warni di halaman tempat ini. Disini juga dapat melihat ribuan bahkan jutaan tulip dibuat formasi membentuk suatu gambar, sehingga membuat mata semakin dimanjakan. Tak hanya itu, harum bunga tulip juga ikut menambah kesegaran dan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama duduk di taman ini.

Tulip di Halaman Hagia Sophia

 
2. Topkapi

Halaman Topkapi
Topkapi merupakan tempat benda-benda bersejarah peninggalan Rasulullah. Di dalam kita dapat melihat pedang, jubah, rambut, jejak kaki, dan peninggalan-peninggalan Rasulullah lainnya. Disini juga dapat melihat benda peninggalan para sahabat Rasulullah. Benda-benda tersebut tidak boleh difoto, menurut kabarnya karena menghindari pemalsuan barang-barang tersebut. Tetapi untuk halaman Topkapi sendiri boleh diabadikan melalui lensa kamera, dan dihalaman inilah banyak terdapat bunga tulip dengan warna beragam


3. Taksim

Taksim
Taksim ini merupakan tempat distrik dan wisata yang terkenal di Istanbul. Disini terdapat banyak hotel, restoran, pertokoan, dan daerah ini merupakan jantung Istanbul versi modern. Oleh sebab itu, tempat ini selalu ramai dan scam juga banyak disini. Tetapi disini juga banyak terdapat tulip dengan warna yang beragam. Keindahan tulip disini tak kalah dengan yang ada Sultan Ahmed. Disini juga termasuk tempat yang instagenik untuk mengabadikan keindahan Istanbul.


4. Taman Emirgan 

Emirgan Park
Emirgan Park
Emirgan Park
Taman bunga tulip Emirgan ini termasuk salah satu taman bunga termegah di dunia. Disini terdapat jutaan bunga tulip dengan warna yang sangat beragam. Disini pusat festival tulip di Istanbul dikarenakan jumlah tulip disini lebih banyak dibanding tempat di Istanbul lainnya. Lokasi Emirgan ini terletak di pinggir Boshporus bagian Eropa. Oleh sebab itu, disini dapat melihat bunga tulip dengan view selat Boshporus. Selain itu, lokasi Emigran juga berbukit-bukit sehingga makin menambah kesan keindahan taman bunga ini.


Selain ini, saya juga sudah menuliskan beberapa artikel yang berkaitan tentang traveling ke negara Turki, antara lain sebagai berikut:

Untuk menghemat budget selama traveling di Turki dapat mengunjungi Traveling ke Turki tidak Sesulit dan Semahal yang Dibayangkan

Jika ke Cappadocia dan naik hot air ballons dapat mengunjungi  Naik Hot Air Ballon di Cappadocia-Turki

Jika berkunjung ke Selcuk dapat mengunjungi  Desa Yunani di Selcuk yang Bernama Sirince

Penginapan di Cappadocia dapat mengunjungi [Review Hotel] Nyamannya Menginap di Cozy Villa Cappadocia

Tempat-tempat di Cappodia dapat mengunjungi 6 Tempat ini yang Membuat Cappadocia Terlihat seperti Negeri Dongeng 


2 komentar:

  1. Hai mbak, salam kenal yah. Duh,, bunga tulip, impian banget bisa melalak cantik melihat langsung bunga tulip nya. Ada temen juga di Turki uda nawarin untuk main kesana tapi belum waktu yang pas. Semakin menarik ya mbak tulisan-tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh...makasih banget mbak udah baca tulisan aku, semoga bisa melihat bunga tulip ya...enak tuh ada temen dsana jadi keliling2 udah ada yang ngeguide hwhwhwh

      Hapus

| Designed by Colorlib